Proyek Kandang Ayam

Membuka peluang untuk penghasilan yang lebih stabil

Di sebuah pedesaan sekitar Kabupaten Kuansing-Riau, kepala desa dan jajarannya mempertemukan tim YPP dengan masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Mereka kurang mampu akibat gangguan kesehatan, lanjut usia, atau faktor lain yang membatasi kemampuan mereka untuk berkerja. Keluarga-keluarga ini diberi modal awal yang terdiri dari sekandang ayam dan beberapa ekor ayam.

Salah satu contoh penerima bantuan adalah Ibu Megawati, seorang nenek yang bekerja keras di kebun karet untuk menghidupi keluarganya termasuk tiga orang cucu. Pendapatan yang diterimanya dari pekerjaan tersebut biasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

YPP bekerja sama dengan para pemimpin desa untuk membangun sebuah kandung ayam bagi keluarga Ibu Megawati, yang cukup untuk memelihara 20 ekor ayam. Peternakan kecil ini dimulai dengan dua ekor ayam betina dan seekor ayam jantan yang produktif.

YPP telah membuat lebih dari 25 kandang ayam untuk keluarga kurang mampu di daerah Kuansing. Usaha kecil seperti ini bisa cepat balik modal. Dalam tiga bulan bisa menghasilkan 10-20 anak ayam dan menjadi usaha yang meningkatkan pendapatan keluarga.

YPP menjalankan beberapa program di Kabupaten Kuansing dari bulan Februari 2011 sampai dengan Desember 2015. Namun karena keterbatasan tenaga, Proyek Kandang Ayam tidak dapat diteruskan.

Usaha pertanian lainnya:
Kelompok Tani
Ketrampilan meningkatkan pendapatan desa dari hasil tanah
id_IDIndonesian
Gulir ke Atas